Minggu, 08 Januari 2012

manusia dan harapan


PENGERTIAN HARAPAN

Harapan adalah sesuatu yang diinginkan oleh manusia, yang diinginkan atau dimiliki dengan segenap jiwa dan keyakinan agar sesuatu terjadi.
Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri maupun kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk mewujudkannya diperlukan usaha dan doa yang sungguh-sunguh.


Sebab-sebab manusia mempunyai harapan :

·         Dorongan kodrat menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapan, misalnya menangis, tertawa, sedih, dan bahagia.
·         Dorongan Kebutuhan Hidup

PENGERTIAN DO’A


Doa adalah sebuah keinginan mendalam yang di ucapkan agar Tuhan-Nya mendengar atas doa’a tersebut berharap  bahwa do’a yang ia pinta dan di ucapkan nya dapat terjadi dan di kabulkan.


KEPERCAYAAN

Kepercayaan berasal dari kata percaya, artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran. Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran.


BERBAGAI KEPERCAYAAN DAN USAHA MENINGKATKANNYA

Kepercayaan dapat di bedakan sebagai berikut :
·         Kepercayaan Pada Diri Sendiri : Percaya atas kemampuan yang ada pada diri sendiri.
·         kepada Tuhan Yang Maha Esa : Percaya pada Nya bahwa Ia lah pengantur segalanya dan berserah diri atas yang Ia berikan.
·         Kepercayaan Kepada Orang Lain : Kepercayaan kepada orang lain itu sudah tentu percaya kepada terhadap kata hatinya, atau terhadap kebenarannya. Karena ada ucapan yang berbunyi ” orang dipercaya karena ucapannya”
·         Kepercayaan Kepada pemerintah.
·         Kepercayaan Kepada Tuhan : Kepercayaan kepada Tuhan yang maha kuasa itu amat penting, karena keberadaan manusia itu bukan dengan sendirinya, tetapi diciptakan oleh Tuhan

KESIMPULAN :
Manusia dan harapan sangat berhubungan erat , karena di dalam diri manusia pasti mempunyai harapan dan keinginan di masa yang akan datang . macam-macam cara manusia dalam mencapai sebuah harapannya , misal : dengan berdoa, usaha dan keinginan yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar